Book / P/Review

Buku Kegelisahan Om Piring: Cinta (Tidak Harus) Mati

Cinta (Tidak Harus) Mati

Setelah sekian lama mendengar obrolan di Twitter membicarakan buku ini, akhirnya saya membaca Cinta (Tidak Harus) Mati. Buku yang isinya sebagian diambil dari tulisan di blog Henry Manampiring (Om Piring aka @newsplatter), The Laughing Phoenix.

Sebelum buku ini terbit, saya beberapa kali pernah membaca tulisan-tulisan di blog Om Piring tersebut. Daripada berbagai macam jenis tulisan di blog itu, saya lebih suka membaca tulisan-tulisan penting-nggak penting yang dia buat berdasar mengamati hal-hal penting-nggak penting. Cara dia menuliskan fenomena nggak penting lalu menambahkan fakta-fakta penting, membuat tulisan itu jadi menarik dibaca.

Begitu pula dengan yang dituangkan melalui Cinta (Tidak Harus) Mati. Dari 23 bab, mayoritas berisi kegelisahan (:p) Om Piring tentang apa yang dia lihat. Analisa-analisa kegelisahan tersebut kemudian dibagi menjadi tiga blok: A. Cinta; B. Kehidupan; C. Pencarian Diri.

Blok B: Kehidupan

Yang membuat buku ini menjadi menarik adalah ketika melihat suatu fenomena, si penulis kemudian merujuk kepada buku atau riset yang pernah dia baca. Hal-hal yang awalnya nggak muncul di pikiran kita, bisa mampir melalui buku ini. Kemudian menghasilkan pandangan-pandangan baru, yang tentunya bisa kita setujui atau sebaliknya.

Om Piring juga membuat penjelasan teori-teori dan hasil riset yang agak berat menjadi lebih ringan karena menyambungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya, dia menjelaskan tentang buku The Paradox of Choice dari Barry Schwartz sambil mengaitkannya dengan kisah percintaan.

Buku ini adalah buku yang pas untuk dibaca ketika kita hanya punya waktu senggang  yang terbatas, karena setiap babnya bisa dihabiskan dalam sekali “telan”.

– The Toilet Post

Keterangan:
Judul buku: Cinta (Tidak Harus) Mati
Penulis: Henry Manampiring
Penerbit: Kompas Media Nusantara
Tahun: 2012
Bahasa: Indonesia
How to get the book:  Di seluruh Gramedia (kadang masuk kategori Psikologi atau Best Seller), via online di sini, atau kalau tertarik dengan buku milik saya ini, silakan tinggalkan alamat email pada kolom komentar, nanti akan saya kirimkan bersama dengan tanda tangan Om Piring. Gratis🙂

Update 27-12-12:

Selamat yah Vany! Bukunya sudah ditandatangani Om Piring dan akan segera dikirim ke alamatmu.🙂 Thanks to om @newsplatter yang sudah kasih tanda tangannya.

10 thoughts on “Buku Kegelisahan Om Piring: Cinta (Tidak Harus) Mati

  1. Pingback: There Is Nothing New Under the Sun |

What do you think? Your comments are welcome...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s