App / P/Review

Aplikasi Wajib untuk Penulis

Tampilan iA Writer. Lihat penjelasan mengenai gambar dalam tulisan di post ini.

Beberapa minggu yang lalu, saya membeli satu aplikasi dari AppStore. Namanya, iA Writer. Aplikasi ini sangat sederhana. Dia hanya menyediakan layar putih polos untuk mengetik. Font yang disediakan cuma satu, size-nya juga cuma satu. Tampilan sederhana ini membuat layar menjadi clear. Bagi penulis dan editor, ini membuat kita menjadi lebih fokus untuk memperhatikan hanya ke tulisan. Tidak perlu lagi melihat interface pilihan menu-menu yang ribet.

Bicara soal fokus, iA Writer juga dilengkapi fitur Focus. Ini adalah salah satu yang saya sukai dari iA Writer. Dengan mengaktifkan fitur Focus, maka warna pada tulisan di kalimat lain akan memudar. Sementara kalimat yang sedang kita ketik akan berwarna hitam. Sesuai namanya, fitur ini membantu kita fokus melihat satu kalimat menjadi sebuah rangkaian kata yang tepat.

Sebagai veteran jurnalis, saya melihat aplikasi ini sangat penting. Distraction adalah hal yang sangat nggak diinginkan jurnalis, terutama ketika mengejar deadline. Saya yakin begitu juga dengan penulis buku, script TV seri, media release, atau apa saja yang berkaitan dengan tulisan. Lalu, aplikasi ini hadir dengan ide sederhana menghilangkan distraction tersebut.

Walau sederhana, aplikasi ini tetap dilengkapi kebutuhan dasar editing dan penulisan seperti membuat font jadi **bold** atau *italic*. Begitu juga fungsi Select All, Cut, Copy, dan Paste. Semua masih ada dan menggunakan shortcut yang sama.

Satu lagi yang tampaknya juga akan berguna, di bagian pojok kanan bawah aplikasi ini dapat dimunculkan keterangan Reading Time. Saya memang belum pernah merasa bahwa fitur ini bermanfaat. Tapi, tampaknya fitur ini akan sangat berguna untuk penulis script iklan, ad libs radio, atau skenario lainnya yang memperhatikan durasi.

Terakhir, kita bisa meng-export supaya file hasil tulisan menjadi file .rtf atau html. Ketika di-export, maka tulisan kita akan diterjemahkan sesuai format dokument tersebut. Ketika bold menjadi bold, dan seterusnya.

iA Writer adalah salah satu aplikasi yang mendapatkan award Mac Apps of the Year 2011. Aplikasi ini bisa di-download di Macbook, iPad, dan iPhone. Dan, kita bisa men-sincronize isi di ketiga device itu menggunakan iCloud.

It is tiny but it is huge. Begitu kata A. Burroughs, salah saorang penulis buku laris N.Y. Times.

Ini adalah aplikasi yang wajib dipunyai penulis. Kalau mau coba download, silakan klik di sini. Harganya sekitar Rp 50 ribu untuk Macbook dan sekitar Rp 10 ribu untuk iPad sekaligus iPhone (2 in 1).

Dan, saya juga suka video yang mereka buat untuk menjelaskan fungsi aplikasi ini.

– The Toilet Post

3 thoughts on “Aplikasi Wajib untuk Penulis

What do you think? Your comments are welcome...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s