Indonesian / Yummy

Lontong Medan Mantap di Jakarta

Yummmmmm!

Salah satu menu sarapan pagi (atau makan siang, bahkan makan malam) favorit saya adalah lontong sayur. Besar dari keluarga berdarah Melayu-Batak, maka lontong sayur favorit saya adalah lontong Medan. Biasanya memakai sayur nangka, lalu ditambah bumbu tauco, dan kadang menggunakan rendang atau opor ayam.

Ibu saya selalu menyiapkan menu seperti ini setiap kali lebaran. Dan, ketika ada menu ini, saya bisa makan lima-enam kali sehari. Silakan, bilang “Pantesan gendut” secara berjamaah. :p

Nah, sejak tinggal jauh dari orang tua, maka frekuensi makan lontong Medan ini pun berkurang drastis. Tapi, kalau sesekali kangen, ada beberapa lontong Medan di Jakarta yang mantap. Berikut saya share di post ini.

Alay

1. Lontong Medan Alay

Namanya mungkin bikin bertanya-tanya, “Hehh.. Lontong Medan Alay?” Tapi, rasanya nggak perlu ditanya. Mantap! Serunya, di “warung” ini, kita bisa memilih macam-macam variasi lauk yang mau dicampur. Ada mulai ayam opor sampai rendang, tauco, ikan teri Medan yang khas, ikan goreng, telur balado, dan masih banyaaakkk lagi. Mereka juga menjual dessert khas Medan: Kue lopis. Yaitu, kue dari ketan yang dibungkus daun kelapa berbentuk segitiga dan dimakan bersama parutan kelapa plus gula merah cair. Yummm…

Lokasi: Food Court Electronic City, SCBD – Jakarta Selatan

Lontong Sayur Belawan

2. Lontong Sayur Belawan

Dari namanya saja sudah jelas bahwa lontong sayur ini khas Medan. Pedagangnya mengklaim bahwa lontong sayur yang dia punya adalah khas Belawan, Pelabuhan di Medan. Lepas dari itu benar atau nggak, tapi lontong Medan ini juga mantap. Mereka hanya menggunakan etalase sederhana untuk berdagang. Tapi, pilihan lauknya lumayan variatif, walau tak selengkap Alay. Tapi hati-hati, lauk-lauk itu bisa cepat sekali habis kalau Anda belum beruntung. Jadi, datang lebih pagi lebih baik.

Lokasi: Agak jauh nih dari kawasan Jakpus-Jaksel yaitu di Food Court Pasar Muara Karang – Jakarta Utara

Koko Bogana

3. Koko Bogana

Beda dengan dua lontong Medan di atas, menu bikinan Koko Bogana ini sudah datang dalam satu paket, sesuai ciri khas rumah makan Indonesia ini. Dan seperti menu-menu makanan Koko Bogana yang lain, lontong Medan ini pun yuuuummmyyy. Di dalam satu paketnya, sudah ada tauco udang, sayur nangka, telur balado, dan ayam opor. Lontong Medan merupakan salah satu menu spesial Koko Bogana yang cuma ada setiap hari Senin.

Lokasi: Cikajang, Petogogan, Kebayoran Lama – Jakarta Selatan

Selamat berburu lontong Medan!

– The Toilet Post

 

What do you think? Your comments are welcome...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s