General / Indonesian / Yummy

Wiro Sableng Seafood 212 (Plus Ulliko)

Ikan segar bertemu dengan arang panas. Nyam Nyam!

Waktunya bahas makanan! Yummmmmyy! Dan kali ini saya mau share pengalaman makan seafood enak di daerah Kelapa Gading. Emang sih agak jauh dari daerah tempat saya tinggal di selatan Jakarta, tapi Kelapa Gading menyimpan banyak lokasi makan enak, dan ini bikin perjalanan panjang menuju lokasi itu terasa worth it.

Nama tempat yang saya kunjungi agak unik, yaitu Wiro Sableng Seafood 212. Buat yang belum pernah dengar, Wiro Sableng adalah tokoh fiksi dalam seri buku yang ditulis oleh Bastian Tito. Wiro terlahir dengan nama Wira Saksana yang sejak bayi telah digembleng oleh gurunya yang tekenal di dunia persilatan dengan nama Sinto Gendeng. Wiro adalah seorang pendekar dengan senjata Kapak Maut Naga Geni 212 dan memiliki rajah “212” di dadanya. Wiro memiliki banyak kesaktian yang diperoleh selama petualangannya di dunia persilatan, dari berbagai guru. Setelah saya makan di sana, ternyata memang pemiliknya adalah orang Lamongan, Jawa Timur.

Balik ke makanan, depot Wiro Sableng 212 terkenal dengan udangnya yang dahsyat. Ukuran udangnya sebesar ibu jari sampai telunjuk orang dewasa. Dagingnya lembut dan tebal. Ada sedikit rasa kenyal yang pas ketika daging udang tersebut dimakan. Saya memesan udang bakar. Hmmm…

Kalau diregangkan, panjangnya sekitar 18-19 cm

Udang bakar yum Yuma

Satu porsi udang bakar ini berisikan enam ekor udang yang masing-masing dibelah menjadi dua. Tapi, karena memang menu ini banyak disukai, kadang ada juga yang khusus datang untuk makan udang sampai satu kilo atau bahkan lebih.

Ikan Baronang Bakar

Makan di restoran seafood jelas nggak lengkap kalau belum makan ikan bakar. Maka, menu inilah yang saya pilih berikutnya: Ikan Baronang Bakar. Walaupun ikan-ikan ini datang ke restoran nggak dalam kondisi hidup, tapi rasanya masih sangat segar. Kemungkinan, ikan yang disediakan oleh Wiro Sableng memang masih baru ditangkap. Rasa kriyuk-kriyuk di bagian ujung yang terbakar itu makin bikin hmmm…

Daun Dewa

Ini salah satu yang juga bikin saya suka sama Wiro Sableng. Kalau biasanya repot makanan laut lain hanya menyediakan sayuran Cah Kangkung, Wiro Sableng punya pilihan lain, yaitu Cah Daun Dewa alias Daun Ginseng. Dulu, waktu masih tinggal sama orang tua, ibu saya sering masak Daun Ginseng yang ditanam di halaman depan rumah. Jadi, sayur ini cukup bisa jadi obat kangen makanan rumah.

Tiga puluh menit sebelum buka (sekitar jam 10.30), restoran ini sudah penuh pengunjung

Kalau tertarik untuk mencicipi Wiro Sableng Seafood 212, restoran ini berlokasi di Jl Boulevard Raya Blok QA 3 No 2-3. Wiro Sableng berada di deretan ruko di tepian jalanan utama Boulevard Raya, yang nggak jauh dari kompleks Mall Kepala Gading. Nggak susah untuk mencari alamatnya, tapi harus pelan-pelan untuk bisa mendapatkan lokasi tepat karena plang restoran ini agak buram.

Restoran ini cukup dikenal. Jadi, mending memilih ke sini di jam makan siang supaya nggak sampai kehabisan menu udangnya yang fenomenal.

Mampir ke Ulliko

Memang mungkin agak “berbahaya” kalau habis makan seafood, lalu dilanjutkan dengan makan durian. Tapi, Wiro Sableng ada di lokasi yang hanya beda beberapa ruko dari Ulliko, toko yang menjual berbagai makanan dari durian. Buat yang memang doyan sama durian, saran saya sih sekalian mampir ke Ulliko karena rasa kue-kuenya memang mantap. Mereka menyediakan menu durian dalam format sus, pie, roti basah, ketan, sampai es krim. Tapi, kalau barusan makan seafood kelas berat, saran saya jangan langsung makan durian yah. Mendingan dibawa pulang supaya nggak musuhan sama kolesterol.

– The Toilet Post

What do you think? Your comments are welcome...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s