Film / P/Review

Nonton 72 Film Eropa Gratis (Yeay!)

Weekend lalu, saya bisa agak lebih hemat (Yeay!). Soalnya, European Union mengadakan sebuah festival film Eropa bernama Europe on Screen. Acara yang sudah diadakan untuk kali ke sembilan di Indonesia ini menyediakan 72 film Eropa dan semuanyaaa GRATIS.

Europe on Screen sudah diadakan mulai 3 Mei. Jangan khawatir kalau weekend lalu masih belum sempat untuk mampir. Soalnya, acara ini masih diadakan sampai 12 Mei nanti (double yeay!). Lokasinya ada banyak. Dan… acara ini bukan cuma diadakan di Jakarta, tapi juga di Bandung, Denpasar, Makassar, Surabaya, Medan, dan Jogjakarta.  Untuk melihat film apa diputar di mana, lihat jadwalnya di sini  atau download jadwal lengkapnya di sini

Sampai hari ini, saya udah nonton dua film. Dan dua-duanya recommended. Film-film ini hadir dari 30 negara. Tapi, jangan khawatir soal bahasa. Kalaupun bahasanya pakai non-Inggris, selalu ada subtitle dalam bahasa Inggris.

Yang pertama adalah Road North

Film ini bercerita tentang Timo, seorang pianis yang mendapat kunjungan nggak terduga. Bapaknya, Leo, yang hilang sama 35 tahun tiba-tiba muncul di depan pintu apartemen. Leo kemudian menawarkan untuk melakukan road trip bersama. Walau sebenarnya ingin menolak, Timo penasaran ingin bisa menyambungkan simpul asal usulnya yang terputus. Lalu, dimulailah perjalanan tersebut. Timo dan Leo dengan kepribadian yang tampak seperti air dan minyak harus menghabiskan waktu bersama dalam sebuah mobil. Timo dengan kehidupannya yang proper dan rapi, sementara Leo dengan kepribadian yang lebih ‘lihat ntar deh’ dan super-berantakan. Dari perjalanan itu, Timo nggak cuma mengutip kisah keluarganya, tapi juga mengetahui rahasia-rahasia yang nggak dia tahu sejak lama. Road North adalah film drama komedi satir yang menyenangkan ditonton. Ringan, tapi juga membawa misi cerita yang kuat.

Film ini masih akan diputar lagi dengan jadwal sebagai berikut:
Tue, 7 May | 17.00  at Goethe Haus Jakarta
Wed, 8 May | 19.00  at IFI Yogyakarta

Film kedua yang sudah saya tonton adalah The Fourth State

Seorang jurnalis bernama Paul Jensen membutuhkan pelarian setelah bercerai dari istrinya. Dia pun memilih meninggalkan kota asalnya, Berlin. Teman lama alamarhum ayahnya yang juga editor majalah Moscow Match di Rusia memberikan tawaran pekerjaan untuk menjadi editor di kolom gaya hidup. Paul menerima tawaran ini. Masalah muncul sejak Paul melihat seorang wartawan senior di media lain ditembak mati. Kejadian tersebut berlangsung begitu cepat, tepat di depan matanya. Si wartawan disebut-sebut sebagai ancaman pemerintah Rusia yang korup. Kejadian ini kemudian membawanya terjerumus ke permasalahan-permasalahan politik dan melawan kekuatan sangat besar dari Rusia. Hidup Paul benar-benar berubah karena masalah ini. Berbeda dengan film pertama, The Fourth State lebih intens dengan sejumlah aksi perkelahian dan sejenisnya. Film ini adalah yang dipilih sebagai film pembuka festival Jumat lalu.

The Fourth State masih akan diputar lagi dengan jadwal:
Sat, 11 May | 17.00 | Erasmus Huis Jakarta

Ohya, selain film-film yang diputar di dalam ruanga, Europe on Screen 2013 juga akan dibikin seru dengan pemutaran film open air. Bisa nostalgia zaman nonton film layar tancap! J Keterangan lengkap soal acara ini, klik website resmi Europe on Screen yah. Soalnya, masih banyak film-film seru lainnya. Kalau mau nonton bareng, kasih tahu yahh!😀

–          The Toilet Post

2 thoughts on “Nonton 72 Film Eropa Gratis (Yeay!)

What do you think? Your comments are welcome...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s