General / Other-Asian / Yummy

Sebuah Siang yang Memuaskan di E&O

One of the ‘lovely’ spots

“Udah pernah makan di E and O belum?” tanya seorang teman suatu hari ketika kami sedang luncheon di Loewy, mengalihkan pembicaraan dari obrolan kantor yang bikin (ehm) bosen. Saya geleng kepala karena bahkan belum pernah dengar namanya.

Teman saya itu kemudian menunjuk ke lokasi di gedung seberang Loewy. “Tempatnya di sana. Yang punya juga yang punya Loewy sama Union,” katanya. Sounds promising.

Ketika akhirnya makan siang di E&O di hari yang beda, seorang teman saya  lain kemudian menambahkan bahwa ternyata restoran ini kolaborasi antara pemilik Loewy dan Union dengan Will Meyrick yang sukses dengan Mama San dan Sarong di Bali. Semakin semangat dong mau nyobain makanannya…

E&O merupakan kepanjangan dari Eastern and Oriental. Sesuai namanya, restoran ini menyediakan menu-menu ketimuran dan oriental dengan rasa yang yummy! Hal lain yang bikin saya juga betah karena tempatnya yang luas dan lega. Bikin suasana makan jadi lebih nyaman.

Nyaman dan bikin betah dengan bunga-bunga tropis menghiasi berbagai sudut ruangan.

Will Meyrick sangat terkenal dengan kesukaannya keliling Asia untuk mencoba menu-menu makanan khas setiap daerah, terutama menu jalanan. Dia kemudian mengutak-atik menu tersebut untuk dapat naik pangkat supaya layak dihidangkan dalam restoran fine dining. Dari sedikit menu yang saya coba di bawah ini, semua rasanya memang yummy.

Tempura Spekta

Inilah starter yang membuka lunch saya dan teman-teman siang itu. Tampilannya menarik banget. Ini adalah Crispy Tempura Vegetable yang disajikan bersama tiga “penyedap” asal Northern Thailand: Nam Prik Ong (daging/ ayam), Nam Prik Goong (udang), dan Nam Prik Num (cabe hijau plus terong). Tempura sayuran itu kemudian dimakan bersama ketiga saus tadi. Sayuran yang dijadikan tempura ada macam-macam. Mulai dari terong, ubi, baby corn, dan beberapa sayuran lain. Pilihan lainnya menikmati si Nam Prik adalah dengan memasukkannya ke dalam selada, lalu makan seperti gaya kita memakan makanan Korea. Hmmm…

Semoga saya nggak salah ngasih penjelasan seoal Nam Prik yah… :p Ini berdasarkan googling. Andai salah sebut, kasih tahu yah😀

Peking Duck Fried Rice

Setelah puas dengan menu starter yang menarik itu, kami beralih ke menu utama. Yang pertama adalah ini: Peking Duck Fried Rice. Nasi goreng ini sangat spesial karena dimasak dengan Thai Curry Powder sehingga warnanya mengarah ke kuning. Lalu, rasanya juga jadi semakin tasty karena dipadukan dengan cherry tomatoes, nanas, dan chilli. Peking Duck-nya pun enak banget.

Penang Beef Curry

Ini adalah menu paling yummy yang kami coba hari itu, menurut saya: Penang Beef Curry. Kari khas asal Penang yang menghadirkan braised beef cheek bersama thai basil, kacang-kacangan, dan chillies. Pilihan daging yang tepat dengan paduan saus kari yang kental membuat menu ini jadi favorit saya. Rasanya nggak rela waktu akhirnya mangkuk kari ini kosong. Hihihi.

Sayuran!

Untuk side dish, kami memilih sayuran oseng-oseng ini🙂 Bayam, buncis, kecambah, dan tofu yang dijadikan dalam satu piring. Makan ini dengan nasi hangat aja kayaknya saya bisa bertahan hidup dengan bahagia :p Agak lebay sih, tapi untuk pilihan side dish, ini memang oke. Kita bisa meminta padu-paduan sayuran sesuai kesukaan.

Coconut with Guava Sorbet

Untuk minuman, selain mencicipi yang standar seperti jus kiwi-strawberry, saya juga sempat meminum Coconut with Guava Sorbet. Memang minuman ini nggak membuat kita kehilangan rasa haus, tapi rasanya sangat unik. Rasa air kelapa berbaur dengan rasa guava dan nuansa jeruk lemon. Rasanya unik dan enak.

Selain minuman tadi, jangan lupa juga untuk mencoba bakpau berisi nutella. Nutella memang sekarang sedang naik daun dan penampilannya di dalam bakpau adalah salah satu dessert yang lumayan difavoritkan di E&O. Menu ini hadir di meja dalam jumlah tiga buah bersama satu scope coffee ice cream. Yummm…

Dengan pengalaman makan siang yang menyenangkan, saya pasti akan balik lagi ke sini untuk mencoba menu-menu yang lain🙂

E&O sudah punya website, namun sepertinya memang belum selesai di-develop. Jadi, kalau mau lihat-lihat menu menarik lainnya di luar yang saya tulis di atas, bisa coba cek di Facebook Page mereka di sini. Selamat mencoba!

*

Lokasi E&O
Menara Rajawali, 1st Floor Jl. DR Ide Anak Agung Gde Agung Lot#5.1, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta
Reservasi: (021) 29023418 dan reservations@eandojakarta.com
Jam Buka: Setiap hari, 11:00 am – 2:00 am

– The Toilet Post

2 thoughts on “Sebuah Siang yang Memuaskan di E&O

What do you think? Your comments are welcome...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s