Other-Asian / Yummy

Vietnam Otentik ala monViet

Bun Bo Hue

“Kalau suatu hari ada peraturan bahwa setiap orang cuma boleh memilih makanan dari satu negara buat the rest of his/ her life, dan itu bukan makanan Indonesia karena terlalu bervariasi, kamu milih makanan dari negara mana?”

Semalam saya dapat pertanyaan aneh ini di tengah-tengah melahap sushi dan salad ala Jepang. Jawaban saya waktu itu, “Mungkin makanan Thailand karena aku suka rasa asam-pedas”. Tapi teman saya yang memberi pertanyaan malah membenarkan, “Kayaknya kamu lebih suka makanan Vietnam,” dan setelah beberapa detik berpikir, saya setuju.

Agak labil sih, tapi makanan Vietnam sedang jadi favorit saya akhir-akhir ini. Dan penyebabnya adalah monViet, satu restoran otentik yang ada di Kemang Village. Saya pernah menuliskan tentang restoran ini beberapa bulan lalu (klik di sini), dan sudah beberapa kali kembali ke sana, dan selalu jatuh cinta lagi dengan makanannya.

Menariknya lagi, monViet beberapa waktu lalu punya menu-menu baru yang rasanya dahsyat! Nah di tulisan kali ini saya mau berbagi beberapa menu makanan baru dan spesial yang sudah saya coba!

Bun Bo Hue

Silakan lihat gambar di atas untuk tahu seperti apa wujud Bun Bo Hue. Kata Hai, pemilik restoran yang kadang hadir di sana untuk mengajak ngobrol pelanggan, Bun Bo Hue adalah menu pho andalan monViet. Kalau ke sana untuk makan pho, Bun Bo Hue haruslah yang pertama dicoba. Dan, Hai nggak bohong. Rasa makanan ini dahsyat sekali. Saya suka kuahnya yang sangat kaya rasa, juga daging yang juicy. Ketika dimakan rasanya lumer di mulut.

Pho Dac Biet

Pho Dac Biet

Pho lain yang juga populer di sini adalah Pho Dac Biet. Untuk yang suka bakso, pho ini recommended. Pho Dac Biet hadir dalam satu mangkuk dengan daging yang juga juicy. Jangan lupa memakannya bersama daun kemangi dan tauge serta jeruk nipis. Kemangi yang disediakan di monViet terhitung spesial karena bibitnya dibawa langsung dari Vietnam dan ditanam di kebun di Jakarta. Menurut Hai, ini karena aromanya berbeda dengan yang ada di Indonesia, sehingga bisa membawa rasa yang lebih otentik.

Selain pho yang mantap, ada banyak sekali menu appetizer yang bikin saya kewalahan makan. Hihihi. Soalnya, semua yang saya coba rasanya ingin dipesan sampai dua kali! Kalau sedang ke sana, coba cicipi beberapa pilihan di bawah ini.

Xoi Man

Xoi Man

Kalau bukan karena disarankan, mungkin saya nggak akan memilih menu ini. Xoi Man adalah sticky rice yang diberi berbagai macam topping: sayuran dan ayam. Begitu merasakan makanan ini, nyam! Ini langsung jadi appetizer favorit saya di monViet. Rasanya enak sekali, gurih dan ramai! Jangan lupa cocol sedikit dengan saus kecap asin plus potongan cabe.

Banh Bot Loc

Banh Bot Loc

Ini adalah saingan berat Xoi Man, yaitu dumpling khas Vietnam yang dimasak dalam daun pisang. Di dalamnya terdapa udang dan ayam. Teksturnya kenyal dengan rasa yang gurih. Enak banget!

Banh Tom Chien

Banh Tom Chien

Di antara menu-menu baru monViet terdapat beberapa makanan yang memanfaatkan roti, termasuk di antaranya baquet. Saya belum pernah mencoba menu-menu tersebut dan ingin mencicipi kalau mampir lain waktu. Tapi, saya sudah mencoba Banh Tim Chien, roti yang di-toast bersama udang dan disajikan bersama saus khusus. Rasanya enak sekali!

Cha Gio Re

Cha Gio Re

Menu lain yang juga berisi udang dan perlu dicoba adalah Cha Gio Re. Springrolls yang sangat crispy ini juga berisi sayuran. Lagi-lagi, yang membuat spesial adalah saus yang menemaninya. Hati-hati kalau sedang memesan beberapa makanan, pastikan menu tersebut kita makan dengan saus yang tepat, supaya rasanya lebih maksimal.

In the near future, saya pasti akan mampir lagi ke monViet. Teman-teman yang saya ajak makan di sini juga selalu puas dengan rasa yang disajikan. Selamat mencoba!

Lokasi: monviet, Kemang Village Jakarta, The Avenue of The Stars Lantai 1.
Reservasi: 021-29528439

– The Toilet Post

What do you think? Your comments are welcome...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s