Travel / What to do

Ke New York City saat USD Tinggi

1_NYC-Liberty-Statue

New York, New York

Untuk peminat backpacking, biasanya perjalanan jauh ke luar negeri sudah diatur jauh-jauh hari. Permasalahannya, kita tidak bisa mengatur jauh-jauh hari tentang kurs Rupiah terhadap mata uang asing, seperti saat USD sedang membumbung tinggi seperti sekarang. Untuk yang sedang berencana ke New York City dalam waktu dekat, tentu sayang kalau sampai harus membatalkan perjalanan. Untuk membantu menekan biaya, berikut adalah kumpulkan informasi dan beberapa tautan yang mungkin bisa membantu.

IMG_0099

Time Square, New York City

Couchsurfing vs Airbnb vs Hostel

Penginapan adalah pengeluaran paling mencekik di NYC. Berikut adalah tabel pembanding antara tiga provider akomodasi terjangkau sebagai pertimbangan. Sumber adalah dari berbagai sumber berdasarkan penelusuran Casual Hopper via internet.

Hostel Murah Airbnb Couchsurfing
Pro
  • Lebih nyaman dengan tempat tidur (kamar dormitory)
  • Kalau memilih yang tepat, bisa mendapatkan yang bersih
  • Lebih nyaman dengan tempat tidur
  • Bisa berinteraksi dengan pemilik
  • Gratis!
  • Bisa berinteraksi dengan pemilik dan couchsurfer lain
Cons
  • Harga cukup mahal, sekitar Rp 1 juta per malam (paling murah)
  • Lokasi biasanya tidak di sekitar pusat keramaian turis, tapi MRT di NYC sangat terintegrasi, walau butuh waktu yang panjang
  • Range harga luas, tapi harus hati-hati karena yang sangat murah bisa jadi berisiko (kenyamanan, keamanan) – lebih baik sekaligus ke Couchsurfing
  • Untuk range harga di kisaran Rp 1 juta lebih banyak pilihan menarik, namun harga cukup mahal
  • Privacy kurang
  • Harus bergaul dengan pemilik akomodasi (tidak semua orang suka)
  • Harus hati-hati, pilih pemilik akomodasi dengan rating yang baik
  • Pemilik akomodasi dengan rating yang baik biasanya diburu banyak orang, jadi pastikan kamu punya profile yang menarik
Rekomendasi

(harga per malam) – Akomodasi di sini sudah memiliki rating yang baik

  • Sangat mudah untuk mencari pemilik akomodasi, tinggal klik Couchsurfing.com dan cari New York City. Yang sulit adalah bersaing untuk mendapatan host dengan rating tertinggi. Lihat tips-nya di sini.
1_Empire-State-Building

Pemandangan dari atas Empire State Building

Jalan-Jalan ke Mana?

New York City adalah surga untuk siapa saja yang berjiwa urban. Hobi dan minat apa saja bisa dipuaskan di sini: bersepeda, petualangan, sejarah, fine art, musik, opera, alam, dan masih banyak lagi. Ada banyak jenis museum tersebar di NYC, namun berbeda dengan di Washington D.C., mayoritas museum di sini berbayar. Bagaimana cara menyiasatinya?

1. Beli Tiket Terusan City Pass

Kalau punya rencana mengunjungi tempat-tempat paling populer di NYC, maka City Pass layak dibeli. Dengan tiket terusan ini, pengunjung bisa masuk ke enam lokasi wisata, di antaranya Empire State Building, American Museum of National History (tempat syuting Night at the Museum), The Metropolitan Museum of Art, Patung Liberty, sampai 9/11 Museum. Ada juga beberapa pilihan lain yang bisa dilihat di sini.

Harganya memang tidak murah yaitu USD 114. Tapi, dengan memakai City Pass, kita bisa mengemat total biaya sampai USD 81. Selain itu, antrean pun lebih pendek dan tidak bergabung dengan pengunjung reguler lain. Tapi kalau tidak ingin mengunjungi seluruh tempat yang ditawarkan, beli tiket di tempat saja.

1_911-Memorial-Queue

Bandingkan antreannya. Kiri adalah antrean reguler, kanan (pengunjung berjaket pink) adalah antrean untuk pemilik tiket City Pass NYC

2. Cari yang Gratisan

1_Brooklyn-Bridge-NYC

Brooklyn Bridge, salah satu yang gratis di NYC.

Sebenarnya banyak juga tempat menarik di NYC yang gratis. Di tempat-tempat ini, justru kita bisa menikmati pengalaman menikmat NYC selayaknya warga lokal. Jadi, tidak kalah seru juga. Berikut beberapa link untuk membantu:

1_Central-Park

Central Park saat bunga sakura masih mekar.

3. Broadway

1_The-Book-of-Mormon

Broadway time: The Book of Mormon

Bagi yang suka dengan teater musikal, menonton pertunjukan di Broadway jelas tidak boleh dilewatkan. Tapi, harga tiketnya memang cukup mahal. Untuk yang sedang populer, rata-rata bisa di atas USD 100. Tapi…

  • Banyak juga pertunjukan populer yang sudah melegenda dan ditawarkan dengan harga tiket lebih miring. Coba cek situs diskon menonton broadway seperti di Playbill atau Broadwaybox. Dua situs ini termasuk yang dipercaya.
  • Coba datang sekitar 30 menit sebelum pertunjukan dimulai. Beberapa pertunjukan akan menawarkan tiket standing room only (SRO) dengan harga sekitar USD 20-30. Tiket SRO biasanya hanya akan ditawarkan kalau tiket reguler sudah habis terjual. Beberapa pertunjukan yang menawarkan tiket SRO adalah The Book of Mormon, Jersey Boys, The Lion King, dan The Phantom of the Opera. Cek NY Tix untuk melihat beberapa pertunjukan yang menyediakan tiket SRO, atau datang saja langsung ke ticket box di lokasi acara. Setiap pertunjukan punya aturan yang berbeda-beda. Dua jam berdiri menonton pertunjukan memang tidak ideal, tapi biasanya ada dinding untuk tempat penonton bersandar.

Transportasi

Kalau tinggal di tengah kota, maka paling enak jelas jalan kaki. Kebanyakan tempat wisata bisa didatangi karena lokasinya berdekatan. Agar efisien, sebelum sampai NYC, sebaiknya sudah mengatur mau kemana saja tujuan jalan-jalan. Sehingga, jadwal per hari bisa disesuaikan berdasarkan kedekatan lokasi yang mau dituju.

1_NYC-Central-Station

Stasiun subway Grand Central yang sering jadi lokasi syuting film.

Untuk bepergian jarak jauh, subway adalah pilihan terbaik. Harga tiket adalah USD 2,5 per trip atau USD 29 untuk satu minggu.

Mau usaha agak ekstra? NYC adalah kota yang ramah untuk bersepeda. Bawa sepeda lipat dari Indonesia dan pakai selama di sana. Baca tips cara membawa sepeda naik pesawat di Two Wheel Travel, NYCEWheels, atau NY Times. Menyewa sepeda di NYC bukan pilihan yang tepat kalau ingin berhemat, harga sewanya adalah USD 5 per jam atau USD 30 per hari.

1_Best-Bagel-and-Coffee

Bagel enak dari Best Bagel and Coffee.

Makanan dan Minuman

Nah, ini permasalahan lain di NYC. Makanan serba-mahal. Harga termurah untuk makanan adalah sekitar USD 6. Makanan dari grocery stores, restoran cepat saji seperti Subway, toko bagel seperti Best Bagel and Coffee, atau kedai pinggir jalan seperti The Halal Guys adalah pilihan-pilihan makanan murah. Berikut ini ada beberapa tautan untuk membantu menghemat bujet makan.

1_Halal-Guys

Halal Guys yang wajib dicoba!

Untuk minuman, jangan lupa untuk membawa tempat minum! Harga air mineral kemasan di NYC sekitar USD 5 per botol. Dengan membawa air minum kemasan dan mengisinya dari keran, banyak bujet yang bisa dihemat.

Punya saran atau pertanyaan lain? Silakan sampaikan di kolom komentar🙂

(*)

Baca Juga:

What do you think? Your comments are welcome...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s